Hosting Murah

Upgrade website/ blog menjadi .com atau .id hanya Rp.1000/ bulan Di sini

Urutan Surah dalam Al-Quran



Pertanyaan tentang urutan surah Al-Quran telah ada sejak zaman pasca pembukuan Al-Qur'an. Baik dikalangan ulama dan orang awam. Tidak sedikit orang bertanya dan berpikir "Kenapa Al-Quran tidak disusun menurut urutan turunnya saja?" sebagaimana kita ketahui surah yang pertama turun yaitu Al-Alaq berada di akhir urutan surah Al-Qur'an. Sementara ayat yang terakhir turun berada di awal Al-Qur'an(Al-Baqarah : 281). Atau, kenapa Al-Qur'an tidak disusun berdasarkan tema atau konten ayatnya saja? dan berujung pada pertanyaan, apa dasar disusunnya surah dalam Al-Qur'an seperti urutan saat ini.

Pertanyaan ini tidak bisa dijawab sebarangan, tidak mungkin dijawab oleh orang yang tidak berilmu, tidak mungkin dijawab berdasarkan perkiraan, dan tidak mungkin dijawab berdasarkan keinginan nafsu. Tentu saja jawabannya sudah dikemukakan oleh para Ulama mutaqaddimin dan mutaakhirin, dan jawaban itu tentunya sesuai dengan hadits dan riwayat-riwayat Shahih. Jawaban tentang pertanyaan ini perlu disampaikan agar kita semua paham dan bertambah iman kepada Kitab yang diturunkan kepada Rasulullah SAW serta menghindarkan Umat Islam dan non muslim dari salah paham terhadap Al-Qur'an.



Prof. Dr. Nuruddin Attar(1) dalam bukunya "Ulumul Qur'an" halaman 40 jilid 1 menjelaskan jawaban dari pertanyaan ini.

أجمع العلماء سلفا فخلفا على أن ترتيب الآيات في السور توقيفي، أي اتبع فيه الصحابة أمر النبي صلّى الله عليه وسلم، وتلقّاه النبي الكريم عن جبريل عليه السلام
Ulama salaf dan khalaf sepakat bahwa susunan Ayat dalam surah-surah Al-Qur'an adalah permasalahan Tauqifi(berdasarkan wahyu). Artinya para Sahabat mengikuti perintah Nabi SAW. Rasulullah SAW melakukan Talaqqi(2) Al-Qur'an dari Jibril.

Dari ini dapat disimpulkan bahwa penyusunan ini adalah penyusunan yang memang sudah ada. Maksudnya urutan Surah Al-Quran saat ini sesuai dengan Al-Qur'an yang ada di Lauh Mahfuzh. Begitu banyak Hadits yang menjelaskan tentang ini, sehingga inilah pendapat yang benar tentang urutan Surah dalam Al-Qur'an. Dan urutan ini sendiri memiliki banyak rahasia dan hikmah, salah satunya setiap akhir surah akan berhubungan dengan awal surah selanjutnya.

Tentunya Zaid bin Tsabit paham sekali tentang urutan ini, karena beliaulah Sekretaris Nabi SAW dan penanggung jawab utama pengumpulan dan pembukuan Al-Qur'an. walaupun terdapat pendapat Abdullah bin Mas'ud tentang urutan Surah yang sedikit berbeda dari yang disepakati Kaum Muslimin. Namun, urutan ini tidaklah begitu fatal. Seluruh Ulamapun sepakat bahwa mengubah-ngubah urutan surah ini adalah Haram, dan dianggap tidak beriman kepada Al-Qur'an.

(1) Beliau adalah Kepala Jurusan Al-Qur'an Fakultas Syariah Universitas Damaskus. Beliau juga merupakan Guru besar Hadits di beberapa Universitas di Timur tengah.
(2) Menerima Al-Quran dan urutannya.
SHARE

Ibnu Hisham Az-Zuhri

Hi. I’I'm Writer and owner of this site. I’m CEO/Founder of Maktabah Az-Zuhri. I’m Islamic educator, Islamist Activist, Speaker, Writer and Student. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment