Hosting Murah

Upgrade website/ blog menjadi .com atau .id hanya Rp.1000/ bulan Di sini

Pendekatan dalam mempelajari Bahasa Asing



Mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang sulit jika kita mengetahui teknik-teknik tertentu dalam pembelajarannya. Metode, media, dan sumber belajar adalah beberapa hal yang mempermudah pembelajaran bahasa asing. Namun, ada satu hal yang jauh lebih penting dan menentukan teknik seseorang dalam belajar dan mengajar bahasa asing, baik itu bahasa arab ataupun bahasa inggris. Hal tersebut adalah menentukan pendekatan pembelajaran bahasa asing.

Pendekatan dalam Bahasa Inggris di sebut Approach dan dalam Bahasa Arab disebut المدخل (Al Madkhal) adalah 'Kumpulan asumsi-asumsi dalam mencapai keberhasilan berbahasa asing'. Berikut defenisi terminologi dalam bahasa Inggris yang dikemukakan Harmer

'Describes how people acquire their knowledge of language and makes statements about the condition which will promote succesful language learning'. Artinya Pendekatan menggambarkan bagaimana orang mendapatkan pengetahuan bahasanya dan membuat statemet tentang kondisi yang menuntun orang agar berhasil dalam mempelajari bahasa.



Maknanya setiap orang memiliki sudut pandang dalam mempelajari sesuatu. Sebagai contoh ada beberapa orang yang menganggap bahwa cara terbaik mempelajari bahasa asing adalah berkomunikasi dengan bahasa tersebut, maka orang tersebut menggunakan pendekatan komunikasi dalam belajar bahasa.

Pendekatan penting dalam menentukan metode. Sebelum menentukan metode belajar seseorang harus mengetahui dan menentukan terlebih dahulu pendekatan yang akan dia gunakan. Lantas, apa saja pendekatan yang ada dalam mempelajari bahasa asing?

Berikut beberapa macam pendekatan dalam mempelajari bahasa asing :

1. Pendekatan Integratif
Pendekatan Integratif menganggap bahwa semua Unsur dan Skill berbahasa harus dikuasai sekali jalan. Artinya setiap orang harus mampu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dalam satu kegiatan pembelajaran.

2. Pendekatan Skill
Berlawanan dengan Integratif, pendekatan skill menghendaki pelajar mampu menguasai satu Skill sebelum berpindah ke skill lainnya.

3. Pendekatan komunikatif
Sebagaimana telah dijelaskan diatas. Pendekatan komunikatif menginginkan pelajar berkomunikasi dengan bahasa tersebut agar mampu menguasainya. Umumnya mereka akan melakukan diskusi dengan bahasa yang akan dipelajari. Pendekatan ini merupakan pendekatan paling populer dalam pembelajaran bahasa asing di universitas tertentu.

4. Pendekatan Humanistik
Bahasa bisa dipelajari dengan memahami perasaan orang lain, raut wajah, gerakan tangan, dan pekerjaan lain yang umum dilakukan manusia dalam mengungkapkan sesuatu. Pendekatan humanistik mengingkan pembelajaran bahasa asing dengan cara-cara yang disebutkan tadi.

5. Pendekatan Teknik
Penggunaan media yang bagus dan tepat akan memberikan efek besar dalam pembelajaran bahasa asing. Pedekatan teknik disebut juga Media Based Approach.

6. Audio-lingual Approach atau pendekatan oral.
Menurut pendekatan ini, bahasa dipelajari dengan meniru dan mengulangi perkataan yang didengar. Pendekatan ini memiliki metodenya sendiri tidak seperti pendekatan lainnya.

6 pendekatan yang telah dipaparkan adalah pendekatan yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa asing. Dan masih banyak pendekatan-pendekatan lainnya yang belum dipaparkan. Pendekatan yang dianut akan menentukan metode yang cocok dalam pembelajarannya.

Terakhir, kronlogi pembelajaran bahasa asing : Pendekatan - Metode - Bahan Ajar.

Semoga bermanfaat, dan mudah dalam mempelajari bahasa asing.

Referensi
Naqah, Dr. Kamil. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى
Acep Hermawan,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, )Rosdakarya: Bandung, 2011 (
http://www.slideshare.net/emma.a/language-teaching-approaches-and-methods
SHARE

Ibnu Hisham Az-Zuhri

Hi. I’I'm Writer and owner of this site. I’m CEO/Founder of Maktabah Az-Zuhri. I’m Islamic educator, Islamist Activist, Speaker, Writer and Student. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment