Hosting Murah

Upgrade website/ blog menjadi .com atau .id hanya Rp.1000/ bulan Di sini

Langkah untuk memulai belajar Bahasa Arab(1 bulan mampu berbicara Bahasa Arab)

Bagaimana memulai pembelajaran Bahasa Arab?
 
Pembelajaran Bahasa memiliki langkah-langkah tersendiri. Tujuan dalam mempelajari bahasa asing menentukan langkah awal kita dalam mempelajarinya. Jika tujuan seseorang hanya untuk mampu berbicara saja dengan bahasa asing yang diinginkan, maka dia harus memulai pelajarannya dengan mempelajari dan latihan untuk mampu berbicara saja. hal ini sering disebut dengan metode khusus mempelajari bahasa asing

Bahasa Arab juga memiliki metode khusus, namun tidak baku. Artinya metode dalam mempelajari bahasa arab bisa diatur menurut kemauan sang pelajar. Akan tetapi jika sang pelajar tidak mampu me-manage dengan baik, maka dia akan semakin sulit dalam mempelajari bahasa arab. Oleh karena itu, kita harus mengikuti metode khusus yang sitematis tetapi bersifat dinamis alias boleh dikembangkan sendiri.

Sebelum membahas metode khusus kita perlu mengetahui Mahaaratil Lughah atau Aspek kemampuan dalam Bahasa Arab. Maharaatil lughah terbagi 4 yaitu :
1. Istimaa' atau mendengar (Listening)
2. Kalaam atau berbicara (Speaking)
3. Qiraa'ah atau membaca (Reaading)
4. Kitabah atau menulis (Writing)
4 hal diatas menentukan langkah awal kita dalam mempelajari bahasa arab.



Dikala seseorang hanya ingin mampu berbicara dalam bahasa arab, maka dia harus berfokus kepada 2 aspek pertama yaitu Istima' dan Kalaam. Istima' diperlukan karena seorang pembicara harus memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicaranya. jika tidak mampu mendengar maka, pembicaraanya tidak sempurna.

Hal yang harus dilakukan oleh pelajar yang ingin mampu berbicara dalam bahasa arab adalah memulai pelajarannya dengan latihan mendengar. Hal ini bisa dilakukan dengan mendengar Radio, Clip percakapan, Video percakapan, atau mendengarkan orang Arab asli atau native speaker berbicara.

Setelah melakukan kegiatan Istima', pelajar harus mampu mengulang atau meniru pembicaraan yang didengar, hal ini tentu dilakukan setelah pengulangan yang banyak dalam proses Istima'. Pelajar tersebut harus benar-benar mampu meniru apa yang dia dengar dari kegiatan istima' tadi.

Setelah benar-benar mampu mengulang dan meniru percakapan yang didengar. Pelajar diwajibkan mengetahui makna atau arti kata dari percakapan tadi. Setelah paham artinya, pelajar tersebut langsung mempraktekkannya dengan kawan-kawannya atau dengan orang yang paham tentang percakapan tersebut.

Untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya, Pelajar harus mencari dan menghafal Mufradat(kosakata) yang banyak sehingga bisa memodifikasikan percakapan tersebut dengan kata-kata baru dan gaya bahasa yang sama.

Jika hal ini terus dilakukan, maka dalam 1 bulan si pelajar tersebut mampu berbicara dengan bahasa arab walaupun tidak terlalu lancar.

Contoh percakapan (tentang perkenalan):























File sound tersedia disini
Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan tadi. kata-kata yang digaris merah adalah contoh kata yang bisa diganti untuk memodifikasi dan mengembangkan bahasa. jika sudah mampu menirunya, dan paham makna percakapan tersebut. Maka sudah saatnya dipraktekkan dengan teman yang paham atau dengan guru dan native speaker.

Insya Allah bermanfaat

Contoh percakapan diambil dari buku al-arabiyatu baina yadaik. jika ingin mendownload versi pdf silakan leave comment.


SHARE

Ibnu Hisham Az-Zuhri

Hi. I’I'm Writer and owner of this site. I’m CEO/Founder of Maktabah Az-Zuhri. I’m Islamic educator, Islamist Activist, Speaker, Writer and Student. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment