Hosting Murah

Upgrade website/ blog menjadi .com atau .id hanya Rp.1000/ bulan Di sini

Tips Mempelajari Bahasa Arab dengan Mudah dan Cepat

Bahasa Arab kini telah menjadi salah satu bahasa yang besar di dunia, seiring dengan berkembangnya negara-negara Arab. Apalagi bagi umat Islam, Bahasa Arab dipandang penting karena dia adalah bahasa Al-Quran dan Rasululah SAW. Tentunya menjadi hal wajib bagi Muslim untuk bisa menguasai Bahasa Arab.

Bahasa yang satu ini memang agak sulit dan rumit, karena Bahasa Arab adalah bahasa yang mengutamakan Kontekstual, dengan kata lain, setiap Kalimat dan kata dalam bahasa arab makna/artinya sesuai dengan konteks pembicaraan seperti kata  ذهب "dzahaba" yang pada dasarnya bermakna "pergi". Akan tetapi dalam konteks tertentu bisa bermakna "menghilang", "Lenyap", dan sebagainya.

Ditambah lagi, Bahasa arab itu memiliki I'rab atau perubahan bunyi, dan perubahan bentuk kata. Dan seluruh teks berbahasa arab(kecuali Mushaf Al-Quran) tidak memiliki baris alias botak, sehingga bingung jadinya mau membunyikan hurufnya bagaimana.

Kesulitan ini bisa dikalahkan dengan kesungguhan dan kesabaran dalam mempelajari bahasa yang satu ini. sesuai dengan Mahfuzah yang sering kita dengan "Man Jadda wajada", siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil. oleh karena itu dalam mempelajari bahasa ini harus disertai kesungguhan dan kesabaran.

Dalam mempelajari bahasa arab ada beberapa tips agar kita belajar dengan mudah dan cepat, yaitu :


1. نطق Nathqu, atau berbicara
"Tidak ada bahasa tanpa bicara" hal ini jelas berlaku dalam mempelajari bahasa arab, Nathqu atau Bicara dengan Bahasa Arab akan mempermudah kita dalam belajar bahasa ini. Apa artinya kita menghafal ribuan Mufradat(kosakata) jika kita tidak mempraktekannya. Belajar dengan Praktek lebih efektif daripada teori saja. maka biasakanlah berbicara bahasa arab bersama teman yang juga belajar bahasa arab, atau berbicara langsung dengan Shaikh asal Arab yang ada ditempat tinggalmu.

2. حفظ المفرادات Hifzhul Mufradat atau menghafal kosa kata
Kosakata adalah unsur penting dalam bahasa. Jika tak ada satupun kosa kata bahasa arab yang kita tahu, saat akan berbicara, apa yang harus dikatakan??. Maka, menjadi sebuah kewajiban untuk menghafal mufradat. salah satu metodenya yang termudah adalah mencatat 10 kosakata baru setiap hari dan menghafalnya. kosakata itu bisa diambil dari kamus atau ditanyakan kepada orang yang mengerti bahasa arab dan indonesia.

3. استماع Istima' atau mendengarkan
Telinga adalah organ penting dalam berbahasa, karena hanya Telinga yang Allah izinkan untuk mendengar. Mendengar merupakan hal penting dalam berbahasa, ingat!, kita tidak berbicara pada diri sendiri. Mendengar orang Arab asli berbicara baik melaui TV ataupun berbicara langsung akan mempermudah kita dalam mempelajari Lughah Arabiah. Dengar mendengar kita mampu membedakan bunyi-bunyi huruf arab, cara berbicara dalam bahasa arab, dan membantu kinerja otak dalam belajar, karena belajar dengan menggabungkan audio dan visual akan lebih efektif dan cepat. Istima' bisa dilakukan dengan berbicara langsung dengan Arabiyyun(Arab Asli), atau dengan media mp3, TV, radio berbahasa Arab.

3 cara diatas adalah Tips untuk mempelajari Bahasa Arab Kalam(untuk dapat berbicara), sementara untuk Qiraatul Kutub(membaca Teks Arab) dan Kitabah(menulis), maka diperlukan Penguasaan Nahwu dan Sharaf juga berberapa hal lain disamping ketiga hal diatas yang Insya Allah akan Kami Bahas dalam Postingan Selanjutnya.

Semoga tips diatas bermanfaat. مع النجاح
SHARE

Ibnu Hisham Az-Zuhri

Hi. I’I'm Writer and owner of this site. I’m CEO/Founder of Maktabah Az-Zuhri. I’m Islamic educator, Islamist Activist, Speaker, Writer and Student. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. Bahasa arab memang sangat penting... pingn belajar tapi banyak kesulitan. dengan tips ini mudah2an dapat membantu

    Saya sering kebingungan saat mau nulis komment pada website yang bertuliskan dan berbahasa Arab

    ReplyDelete
  2. hayya nabda'u an nanthiqa ma'ahaa kullu waqtin najidu, ya anggi :D

    azmul

    ReplyDelete