Hosting Murah

Upgrade website/ blog menjadi .com atau .id hanya Rp.1000/ bulan Di sini

Pentingnya otak kanan

    Anda mungkin sering mendengar fungsi Otak Kanan, namun harus diakui masih sedikit orang yang memahaminya dan tahu bagaimana agar Otak Kanan berfungsi dengan baik dan mempengaruhi kinerja kita sehari-hari. Contohnya saja dalam hal 'Ketidakpastian'. Di satu sisi, rezeki, jodoh, dan maut itu adalah sesuatu yang pasti. Maksudnya, ya.. pasti terjadi! Di sisi lainnya itu semua serba tidak pasti ; berapanya, siapanya, dimananya, kapannya, dan bagaimananya. Jadi lebih banyak gak pastinya ketimbang pastinya kan..?? Nah dengan pola pikir lateralnya, orang yang kuat Otak Kanannya mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan, dan resiko. Maka jadilah mereka penemu dan pemimpin. Para pembaca yang terhormat, orang yang kuat Otak Kanannya, inilah yang disebut dengan Golongan Kanan. Nah, untuk lima menit ke depan, saya akan menemani Anda untuk mengetahui bagaimana caranya menjadi Golongan Kanan. Yah, anggap saja sekarang saya duduk disamping Anda, hehee.. Bukan kebetulan, ringkasan yang Anda baca ini bukan yang pertama tentang Otak Kanan.
  • Sejak Joseph Gall telah menemukan bahwa pusat pikiran dan perasaan itu berada di otak, bukan di hati. Bukan pula di jantung. Dan temuan ini diaminkan seluruh pakar disepanjang zaman.
  • Sejak 1930-an pakar-pakar menyakini bahwa otak kiri adalah otak rasional, yang terkait dengan IQ. Sementara Otak Kanan adalah Otak emosional, yang terkait dengan EQ.
  • Tahukah Anda, otak kanan itu menentukan 80 persen kesuksesan, lantaran tak terpisahnya otak kanan dengan EQ?
  • Tahukah Anda, kuatnya Otak Kanan membuat Anda lebih self motivated, lebih supel, lebih cerdas emosi, dan lebih awet muda? Ini hasil penelitian. Bukan kata-kata saya.
  • Tahukah Anda, menurut Thomas Friedman, seorang penulis yang dianugerahi Penghargaan Pulitzer, "Apabila Anda ingin mengasah Otak Kanan, maka lakukanlah sesuatu yang Anda cintai".
  • Tahukah Anda, Golongan Kanan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa, bukan panggilan kerja? Sepenuh hati, bukan sepenuh gaji.
  • Tahukah Anda, tanpa otak kanan,anda tidak lebih dari seonggok prosesor komputer?
  • Tahukah Anda, Sekitar 80-85% penduduk bumi ini adalah Golongan kiri?Sisanya sekitar 15-20% adalah Golongan Kanan. Lagi-lagi, ini hasil penelitian.Bukan kata-kata saya.
  • Tahukah Anda, otak kiri Anda akan lebih aktif, sewaktu Anda terjaga? Sebaliknya, otak kanan akan lebih aktif, sewaktu Anda tidur. Karena itulah, ketika tidur, kemahiran-kemahiran khas kanan, seperti kreativitas, imajinasi, intuisi, dan sintesis dapat bermunculan.
  • Konon, dualisme inilah yang menjadikan manusia berpikir serba biner.Kiri-kanan, kalah-menang, lambat-cepat, rugi-laba, Timur-Barat, dan seterusnya.Yah, walaupun begitu, kedua belahan otak ini bekerja beriringan dan saling mendukung.
*Otak Kiri : Rasional / terkait IQ, Kognitif / logis, Realisitis / analistik, Kuantitatif / aritmatik, Serial / linier, Terencana / kausal, Segmental / fokus, Verbal / eksplisit, Intrapersonal / self-centric, Motorik Kanan.
*Otak Kanan : Emosional / terkait EQ, Afektif / intuitif, Imajinatif / artistik, Kualitatif / spasial, Paralel / lateral, Tak terencana / impulsif, Holistik / difus, Visual / implisit, Interpersonal / other-centric, Motorik Kiri.

Digojlok pendidikan kiri selama 20 tahun, tak dapat dielakkan, mayoritas orang menjadi Golongan Kiri. Cuma segelintir orang yang menjadi Golongan Kanan. Jadilah Golongan Kanan ini si minoritas. Repotnya, pola pikir si minoritas ini jelas-jelas tidak sejalan dengan pola pikir si mayoritas. Si minoritas 'kan cenderung kreatif, imajinatif, intuitif (feeling based), impulsive (spontan), dan lateral (acak). Ujung-ujungnya, si minoritas sering dicap sinting oleh si mayoritas. Psst, dimana-mana orang sukses itu memang minoritas dan sering dicap sinting. Right?
Saya perjelas, satu kali kanan nilainya setara dengan seribu kali kiri! Albert Einstein pun bersikukuh, "Imajinasi itu lebih utama daripada ilmu pengetahuan". Imajinasi itu kanan, ilmu pengetahuan itu kiri. Saya perjelas lagi, kanan itu lebih utama daripada kiri! Right?
Ngomong-ngomong, kalau Anda memang serius dengan Otak Kanan, bacalah kitab 13 Wasiat Terlarang! Dahsyat dengan Otak Kanan! Karangan 'Ippho Santosa' yang membongkar tuntas misteri otak kanan, dilengkapi dengan Right Test untuk menguji otak kanan dan Right Tips untuk mengasah otak kanan. Selamat Mencoba!
Udah dulu ya, pegel deh (maksudnya yang baca) takut matanya pegel, hehee. Tolong koreksinya ya bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan terima kasih semua atas perhatiannya.
*Kalau ada sumur diladang, boleh lah kita menumpang mandi.
*Kalau Anda mau kembali datang, saya persilahkan dengan senang hati, hehee. :))
SHARE

Ibnu Hisham Az-Zuhri

Hi. I’I'm Writer and owner of this site. I’m CEO/Founder of Maktabah Az-Zuhri. I’m Islamic educator, Islamist Activist, Speaker, Writer and Student. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment